SELAMAT DATANG DI BLOG ILYAS ABDULLAH -- ”Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, niscaya Allah mudahkan baginya jalan menuju surga”. (HR. Turmudzi)

Selasa, 31 Desember 2019

10 Menit Menyusun Jadwal Pelajaran

Di setiap awal tahun pelajaran baru atau pergantian semester dapat dipastikan para Pembantu Kepala Sekolah Bidang Kurikulum selalu disibukkan dengan penyusunan jadwal pelajaran. Sulit memang membuat sebuah jadwal pelajaran yang dapat memuaskan semua guru,apalagi jika menyusun sebuah jadwal disekolah yang jumlah rombelnya banyak sedangkan jumlah gurunya paspasan/kurang. karena setiap guru pasti memiliki tuntutan dan kepentingan yang berbeda-beda. Setiap kali sebuah jadwal baru diterbitkan maka seorang Pembantu Kepala Sekolah Bidang Kurikulum harus siap-siap menerima ungkapan rasa ketidakpuasan dari beberapa guru yang terbentur suatu kepentingannya terhadap jadwal baru tersebut. Namun sebaiknya sebagai Pembantu Kepala Sekolah Bidang Kurikulum berprinsip untuk berusaha membuat jadwal pelajaran yang dapat memuaskan sebanyak-banyaknya guru tanpa meninggalkan prinsip-prinsip membuat jadwal yang baik.
Tampak contoh poster/Jadwal SMP Negeri 1 Maba tahun 2019

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menyusun jadwal pelajaran, antara lain :
1. Menyiapkan informasi yang dibutuhkan, diantaranya :
  1. jenis mata pelajaran yang diajarkan,
  2. jumlah jam perminggu masing-masing mapel tiap jenjang kelas,
  3. penyusunan pembagian tugas jam mengajar guru,
  4. penentuan hari-hari atau jam-jam kosong masing-masing mata pelajaran dan guru,
  5. penentuan jumlah jam pelajaran sekolah tiap hari atau tiap minggu.
2. Sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut pada waktu melakukan penyusunan jadwal pelajaran, diantaranya :
  1. adanya selingan antara mata pelajaran satu dengan lainnya agar tidak menjemukan,
  2. harus disediakan waktu istirahat agar siswa tidak terlalu lelah,
  3. masing-masing pelajaran dicarikan waktu yang tepat (mata pelajaran yang membutuhkan daya pikir dan tenaga seperti Matematika, IPA, dan Penjasorkes dijadwalkan pada jam permulaan),
  4. jangan sampai kegiatan di suatu kelas mengganggu kegiatan kelas sebelahnya. 
3. Menentukan sistem atau metode atau alat bantu penyusunan jadwal pelajaran.

Kegiatan penyusunan jadwal pelajaran akan terasa mudah dan cepat apabila kita dapat menentukan sistem atau metode atau alat bantu yang tepat. Banyak cara yang dapat digunakan untuk mempermudah penyusunan jadwal pelajaran, banyak alat bantu yang bisa digunakan untuk memudahkan kerja menyusun jadwal salah satu diantaranya adalah menggunakan Software AscTime Table.

Berdasarkan pengalaman saya selama menyusun jadwal pelajaran, Software ini menjadi solusi kerumitan penyusunan jadwal karena memiliki fitur lebih lengkap, dan juga mudah digunakan. Software ini mempunyai konsep dasar yang sama dengan sistem kartu yaitu dilakukan dengan 3 tahap : 
1) tahap inventarisasi, 
2) tahap entry data, dan 
3) distribusi jam pelajaran. 

Pendistribusian kartu dapat dilakukan dengan2 cara yaitu otomatis (generate) dan manual. Pada cara otomatis, setelah data sudah ter-entry semua (semua kartu sudah dibuat) dapat didistribusikan secara otomatis sehingga penyusun jadwal tidak perlu berpikir untuk mendistribusikan kartu-kartu yang tersedia. Sedangkan cara manual, pendistribusian kartu dilakukan secara manual, dengan cara ini penyusun jadwal harus berpikir keras untuk mendistribusikannya. Untuk mendapatkan jadwal yang baik, sebaiknya dilakukan dengan cara kombinasi yaitu otomatis dulu setelah itu dicek dan diatur secara manual sesuai yang dikehendaki oleh penyusun jadwal pelajaran.

Silahkan tuliskan komentar dibawah  bila artikel  ini bermanfaat
Silahkan Unduh Aplikasi aScTimeTables disini dan Panduan Instalasi serta cara menyusun jadwal disini
Terima kasih, semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. Terima kasih ilmunya mastah ... Sangat bermanfaat bagi yang berkepentingan ... Salam sukses

    BalasHapus