SELAMAT DATANG DI BLOG ILYAS ABDULLAH -- ”Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, niscaya Allah mudahkan baginya jalan menuju surga”. (HR. Turmudzi)

Jumat, 27 Desember 2019

Membuat Kuis Interaktif dengan Quizizz

Berkembangnya teknologi memudahkan kita melakukan segala hal, demikian pula halnya dalam bidang pendidikan,
teknologi akan memudahkan guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya dalam kelas. Salah satu contoh penggunaan teknologi dalam pembelajaran misalnya dengan menggunakan kuis interaktif dikelas menggunakan sebuah aplikasi yaitu quizizz.

Penggunaan aplikasi ini sangat mudah, kuis interaktif ini memiliki 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar, disamping itu kita dapat menambah gambar kelatar belakang pertanyaan dan menyesuaikan pengaturan pertanyaan sesuai keinginan kita. Kuis dapat dibagikan kepada siswa dengan menggunkan kode tertentu yang untuk join/bergabung.

Quizizz juga memberikan data dan statistik tentang kinerja siswa. Guru dapat melacak berapa banyak siswa yang menjawab pertanyaan yang dibuat. Setelah siswa menyelesaikan soal dengan durasi waktu yang ditentukan guru, selanjutnya guru dapat mendownload statistik ini dalam bentuk spreadsheet excel. Salah satu kelebihan aplikasi quizizz ini, selain bisa dikerjakan secara individu juga bisa dikerjakan dengan team /kelompok. Selain itu kuis yang diberika bisa dikerjakan dikelas atau bisa juga dilaksanakan dalam bentuk pekerjaan rumah dengan waktu durasi yang ditentukan dan batasan waktu pengerjaan hingga 2 minggu. Dengan quizizz, siswa dapat bermain kapan saja dan dimana saja.

Dan berikut ini tutorial bagaimana membuat kuis interaktif menggunakan Quizizz :
  1. Masuk ke www.quizizz.com lalu sign up
  2. Untuk memudahkan, anda bisa memakai akun Google atau Email
  3. Pilihlah peran anda, apakah sebagai guru, siswa, orang tua atau lainnya
  4. Lengkapi data anda
  5. Isikan info/nama kuis anda
  6. Buat pertanyaan, pilihan jawaban, dan jawaban yang benar ( pernyaan bisa dibuat sendiri atau menggunakan pilihan teleport untuk mengambil soal yang sudah ada dalam aplikasi quizizz)
  7. Pilih “Question preview” untuk menampilkan soal yang telah dibuat. Tambahkan pertanyaan baru dan klik finished bila sudah selesai
  8. Tahap akhir, pilih grade atau tingkatan, subjects atau mata pelajaran
  9. Klik Finished and create Quis
  10. Tampilkan kuis anda secara langsung atau untuk Pekerjaan Rumah (PR)
  11. Setting Kuis anda, lalu klik Proceed
  12. Minta siswa anda untuk bergabung untuk menyelesaikan kuis dengan berkunjung ke http://join.quizizz.com dan berikan code berupa 6 digit angka ke siswa. Selain itu, anda bisa membagikannya melalui Google Classroom
OKE, selamat mencoba dan interaksi.
Silahkan tuliskan komentar dibawah  bila artikel atau tutorial ini bermanfaat
Anda juga bisa mendownload tutorial lengkap disini

6 komentar: