SELAMAT DATANG DI BLOG ILYAS ABDULLAH -- ”Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, niscaya Allah mudahkan baginya jalan menuju surga”. (HR. Turmudzi)

Senin, 23 Desember 2019

Ciri Anak Kreatif

Salah satu ciri anak kreatif adalah rasa ingin tahu yang besar dan diekspresikan dengan pertanyaan-pertanyaan yang bertubi-tubi. Mereka tidak pernah puas dengan jawaban yang sederhana. Anak seperti ini juga biasanya bertanya tanpa lihat-lihat situasi, padahal mungkin orang yang ditanya sedang dalam kondisi capek atau repot mengerjakan sesuatu. Oleh karena itu tidak jarang anak kreatif memicu emosi sehingga penting untuk mengajarkan anak untuk peka terhadap kondisi orang lain. Memarahinya karena terus bertanya dapat membunuh kreativitas berpikirnya. Kalau sebagai orangtua tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaannya, tidak perlu menutupi dengan justru memarahinya. Namun tunjukkan solusi dengan mengajaknya untuk mencari tahu di buku, misalnya.
Berikut ciri anak-anak kreatif: 
  1. Ingin tahunya besar dan senang bereksperimen. 
  2. Terus menerus bertanya, biasanya dengan cara yang mendesak sehingga menjengkelkan. 
  3. Tidak mudah menerima jawaban sederhana atau asal-asalan. 
  4. Peka terhadap apayang dilihat, didengar, diraba dan dialaminya. 
  5. Sering memberikan jawab yang tidak biasa. 
  6. Bisa menemukan macam-macam kegunaan suatu benda hanya dengan imajinasinya. 
  7. Suka mencoba hal-hal yang sulit dan kegagalan tak membuatnya putus asa. 
  8. Bisa Bisa memusatkan perhatian lebih lama dibanding anak seusianya. Bahkan karena terlalu sibuk dengan pikirannya, dia jadi sering kelihatan tidak menyimak omongan orang-orang di sekitarnya. 
  9. Fleksibel terhadap saran dan kritik 
  10. Memiliki pendapat sendiri sehingga sering konflik dengan orang-orang sekitar.
Anak-anak dengan bakat kreativitas yang tinggi ini sering dicap sebagai anak yang menjengkelkan dan sulit diatur, terutama oleh lingkungan yang tidak memahaminya. Sehingga lingkungan justru jadi penghambat dan seringkali mematikan potensif kreatif tersebut. Oleh karena itu memang diperlukakan kerjasama dari lingkungan tempat anak tersebut tumbuh agar ia tetap bisa bereksplorasi dan mengembangkan bakat kreativitasnya. Apakah anak anda termasuk kategori anak yang kreatif ?

Sumber: http://www.smkpd.bki.sch.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar